Rabu, 16 Desember 2015

Gak disangka, makanan yang gampang di temukan ini ternyata mampu membuat otak kita semakin cerdas

makanan yang membuat otak pintar


Pintar tentunya tergantung dari usaha kita. Seberapa sering belajar dan juga seberapa sering kita membaca buku namun, tentunya harus ditunjang oleh nutrisi yang baik agar kemampuan otak dalam menyerap materi pelajaran semakin maksimal.  Apa saja makanan yang dapat membantu meningkatkan daya ingat?



1. Buah Bit
Kandungan vitamin B yang terdapat pada buah bit berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Vitamin B juga penting untuk membantu mengolah data dan memilah ingatan. Selain itu buah bit juga berguna unutk mengikat folat di dalam tubuh kita. Sebaiknya pilihlah buah bit segar dan hindari buah bit kalengan karena buah bit segar tentu lebih baik karena tidak ada kandungan bahan kimia yang dapat merusak tubuh kita.



2. Cokelat
siapa yang tidak menyukai makanan yang satu ini. Cokelat digemari baik oleh anak kecil maupun orang dewasa. Makanlah sebatang coklat susu dan nilai IQ anda akan meningkat. Pilihlah coklat hitam yang banyak mengandung flavonoid. Flavonoid berguna untuk menambah kemampuan dalam menyimpan ingatan. Menurut studi, flavonoid dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak.



3. Cabe Rawit
Cabai berguna sebagai pereda nyeri  karena kandungan capsaicinnya. Namun ternyata selain sebagai pereda nyeri cabe juga berguna untuk perkembangan otak. Adanya capsaicin juga berfungsi untuk membantu melepaskan hormon endorphin sehingga memberikan efek tenang dan membuat kita lebih mudah fokus.



4. Teh Hijau
Cobalah mengkonsumsi secangkir teh hijau. Menurut studi yang dilakukan di Korea, teh hijau mampu membantu memperbaiki ingatan dan juga menambah kesiapan mental. Adanya zat antioksidan juga dapat membantu melindungi otak dan mengurangi resiko penurunan kemampuan berfikir.



5. Telur
Telur merupakan makanan yang kaya akan kandungan zat besi. Zat besi berguna untuk membantu darah merah membawa oksigen ke otak sehingga fikiran anda dapat tetap fokus dan tajam.



6. Daun-Daunan Hijau
Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli banyak mengandung antioksidan, vitamin C, dan betakaroten. Zat ini berguna untuk menjaga kesehatan tubuh serta otak. Hasil riset yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa folat dalam sayur hijau mampu mencegah penurunan daya ingat pada usia lanjut.



7. Minyak Ikan
Jika anda sering mengalami kesulitan dalam mengingat cobalah memberikan nutrisi untuk otak anda, salah satunya adalah minyak ikan. Minyak ikan sangat baik bagi otak anda. Bahkan peneliti dari Finlandia menyebutkan dengan mengkonsumsi minyak ikan tiga kali dalam sepekan  dapat mengurangi masalah otak hingga 26 persen dan mampu mencegah hilang ingatan.



8. Buah Berries
Di dalam raspberry dan blueberry terdapat senyawa yang mampu melindungi neuron otak yang terkait dengan memori. Sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa makan secangkir blueberry sehari dapat meningkatkan daya ingat dalam waktu beberapa bulan.



9. Ikan Teri
Teri dapat meningkatkan 10 kali omega 3 dibandingkan ikan tuna. Selain itu ikan kecil ini juga mengandung vitamin D. Ikan teri juga lebih aman dikonsumsi daripada ikan laut yang bisa mengandung zat kimia berbahaya seperti timbal, merkuri dan zat kimia berbahaya lainnya.


Itulah beberapa makanan yang dapat meningkatkan daya ingat. Tentunya untuk pintar tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan tersebut namun, tetap harus ada usaha seperti belajar dan membaca. makanan tersebut merupakan nutrisi yang dapat membantu otak untuk bekerja maksimal jadi janganlah berfikir jika anda mengkonsumsi makanan tersebut lalu menjadi pintar ya.

Jangan lupa di like and share ya, semoga bermanfaat....

1 komentar:

  1. Hmmm... yang nomor 2 saya suka banget.. hehe..
    Thnks bermanfaat banget infonya..

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar yang relefan, tidak spamming dan berkomentarlah secara cerdas.

Copyright © 2015 Siaga8.com : Informasi yang menarik untuk dibagi