Selasa, 08 Desember 2015

Lidah Anda akan nagih jika berwisata kuliner di pulau tempat syuting laskar pelangi ini

Siapa yang belum pernah nonton Film Laskar Pelangi. Film yang dibuat di pulu Bangka Belitung ini ternyata bukan hanya memendam alam pemandangan yang indah, tapi juga menyimpan kuliner yang wajib di nikmati selagi berkunjung kesana. Kuliner khas pulau Belitung ini memang belum banyak diketahui orang banyak dan ini akan menjadi makanan wajib anda cicipi ketika berkunjung ke Belitung.

Makanan apa saja yang wajib kamu rasakan nikmatnya dari pulau laskar pelangi?

1. Lempah
Orang Bangka-Belitung biasa menyebutnya dengan Gangan. Bagi orang Belitung sendiri, makanan ini sudah seperti makanan sehari-hari. Rasanya menjalani hari tidak terasa lengkap jika tidak menikmati kuliner yang satu ini. Disajikan berkuah, menu satu ini biasanya menggunakan bahan-bahan seperti ikan, sayuran dan rempah-rempah khas Belitung. Aromanya yang kuat, pastinya membuatmu tidak bisa lepas dari Belitung.
wisata kuliner
Lempah kuning
2. Rusip
Terdengar seperti nama orang yah? Bukan, ini bukan nama nelayan terkenal di Pulau Belitung, melainkan nama sebuah kuliner unik khas Belitung, hasil percampuran dua budaya, Belitung dan Jawa. Ya, Rusip adalah makanan sejenis sambal, yang proses pembuatannya cukup lama. Ikan teri difermentasi, kemudian dicampur dengan gula jawa. Kebayang kan enaknya jika dimakan dengan nasi hangat?
wisata kuliner
Rusip
3. Lakso
Sekilas bentuknya seperti pempek yang berbentuk menyerupai kerupuk putih yang biasa ada di warung. Disajikan dengan kuah kaldu, menjadikannya tidak hanya enak di mulut, namun juga segar dan nikmat. Cocok sekali untuk menemani saat santai kamu, ataupun teman mengobrol saat liburan. Apalagi jika dimakan sambil menikmati sunset di pinggir pantai.
wisata kuliner
Laksa bangka belitung


4. Kericu

Kamu penggemar seafood? Coba deh makanan yang satu ini. Kericu adalah kerupuk seafood, yang berbentuk lonjong. Makanan ini biasanya dibuat dari telur cumi-cumi yang dihaluskan. Lalu,cumi tersebut dicampur berbagai bahan seperti tepung sagu, lengkuas, bawang merah dan putih, kemudian digoreng sampai kering. Hmmm, renyah dan gurihnya pasti bikin kamu ketagihan.
wisata kuliner
Kericu
5. Pantiaw
Yang satu ini, pantang banget buat kamu lewatkan. Dari bentuknya, makanan berkuah ini berbentuk seperti lakso, hanya saja jika lakso lebih seperti bakso, maka Pantiaw mungkin lebih sedikit mirip dengan soto. Makanan ini sungguh nikmat untuk disantap siang hari, apalagi jika ditambahkan dengan suiran ayam dan tomat serta jeruk nipis.
wisata kuliner
Pantiaw
Bagaimana? Masih bisa meninggalkan pulau Belitung tanpa mencicipi masakan tersebut? <Sumber : tiket.com>.
Jangan lupa untuk LIKE dan SHARE ya

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang relefan, tidak spamming dan berkomentarlah secara cerdas.

Copyright © 2015 Siaga8.com : Informasi yang menarik untuk dibagi