Jumat, 11 Desember 2015

Tanaman Yang Sering Dianggap Semak Ini, Ternyata Memiliki Banyak Khasiat Mengobati Berbagai Macam Penyakit


Cecendet atau disebut juga buah ciplukan merupakan jenis tanaman perdu yang biasanya tumbuh liar seperti halnya rumput. Tanaman dengan nama latin Physalis angulata L. berasal dari daerah Tropis Amerika latin.

Tanaman dan buah Cecendet mengandung senyawa kimia fisalin, asam sitrun, alkaloid, asam malat, kriptoxanin, tanin, vitamin C dan gula.

Tanaman ini sudah dikenal sebagai tanaman obat tradisional. Bagian akar, daun, dan buah dapat dijadikan ramuan obat tradisional. Tanaman tidak mengandung racun yang membahayakan, sehingga bisa dikonsumsi tanpa khawatir adanya efek sampingnya.


Cecendet mentah


Berikut ini adalah beberapa khasiat dari tanaman dan buah Cecendet yang umum diketahui serta bagaimana cara meramunya:

1. Mengobati Diabetes Melitus
Tanaman ini memiliki khasiat sebagai obat untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Adapun cara penyajiannya adalah dengan menggunakan tanamannya kemudian dicabut (tanaman yang sudah berbuah) beserta akarnya dan dibersihkan. Tanaman tersebut dilayukan untuk kemudian dilakukan perebusan dengan menggunakan tiga gelas air hingga mendidih sampai tersisa satu gelas saja, kemudian lakukan penyaringan, dan diminum satu kali sehari.

2. Mengobati Influenza dan Sakit Tenggorokan
Untuk menyajikan sebagai obat influensa yaitu dengan mengeringkan semua bagian tanaman ini yang sebelumnya telah dipotong-potong ukuran sebesar 3-4 cm dengan cara dijemur. Setelah tanaman itu kering lalu ambil kurang lebih sekitar  9-15 gram kemudian direbus, minumlah airnya sebanyak 3 kali sehari.

3. Mengobati Sakit Paru-paru
Untuk membuat ramuan sebagai obat sakit paru-paru tumbuhan cecendet direbus dengan menggunakan 3-5 gelas air hingga mendidih, disaring kemudian diminum 3 kali sehari satu gelas.

4. Mengobati Borok
Adapun cara penyajian untuk pengobatan penyakit borok dengan menggunakan cecendet adalah siapkan satu genggam cecendet kemudian tambah 2 sendok air kapur sirih lalu tumbuk sampai benar-benar halus. Dari hasil tumbukan halus tersebut kemudian tempelkan pada kulit yang borok.

5. Sebagai Obat Penyakit Ayan
Mengkonsumsi buah ini 10 butir setiap hari dapat membantu pengobatan penyakit ayan.


Silahkan Like dan Share untuk membagikan artikel ini agar sodara, kerabat, dan teman kita dapat mengetahui manfaatnya. 

adalah seorang yang bekerja sebagai karyawan swasta, senang menulis, membaca, jalan-jalan, dan sedikit senang dalam bereksperiman masakan.

3 komentar:

  1. Sekarang sudah jarang nih buah cecendet..

    BalasHapus
  2. Buah ini sering saya makan waktu kecil.. Banyak di sawah

    BalasHapus
  3. Di supermarket buah harganya 500ribu/kilo. Wow..

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar yang relefan, tidak spamming dan berkomentarlah secara cerdas.

Copyright © 2015 Siaga8.com : Informasi yang menarik untuk dibagi