Rabu, 02 Desember 2015

Wooww… Ternyata Buah Petai Memiliki Segudang Manfaat Lhoo.. Cek Disini!

Siapa sih yang tidak tahu petai? Buah dengan bau yang khas buah ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kita yang mengkonsumsinya. Banyak orang yang suka dengan petai karena dengan mengkonsumsinya, nafsu makan kita akan bertambah sehingga kita akan tambah lagi dan lagi. Namun ada juga orang yang tidak suka dengan buah yang satu ini kemungkinan karena baunya, atau apa alasanya? entahlah, kalau saya sih suka banget sama buah ajaib yang satu ini. :D

Tumbuhan ini tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia, sehingga tidak heran buah dari tanaman ini sangat banyak penggemarnya. Petai atau disebut nama latinnya Parkia speciosa merupakan jenis pohon tahunan  tropika yang termasuk dalam suku polong-polongan.

Bagi yang suka petai maka beruntunglah karena dalam buah terdapat kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Bagi yang belum suka dengan buah ini coba simak dulu penjelasan dari manfaat buah ini, mudah-mudahan setelah membaca artikel ini anda semua menjadi suka dengan buah yang satu ini.

Adapun beberapa manfaat dari buah petai diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi sembelit
Kandungan serat dalam petai cukup tinggi dibutuhkan oleh usus dalam membantu pencernaan makanan, sehingga akan terhindar dari masalah sembelit.

2. Meredakan sindrom PMS (Pramenstruasi)
Didalam petai mengandung Vit B6 yang mampu menteralkan glukosa dalam darah sehingga dapat meningkatkan mood, hal ini sejalan dengan fungsi petai sebagai peningkat mood.

3. Dapat meningkatkan mood
Dalam petai ini mengandung tryptophan yaitu protein yang dapat memunculkan hormon serotonin sehingga perasaan kita akan menjadi relax dan meningkatkan perasaan gembira.

4. Mengobati anemia
Dalam buah petai terdapat kandungan zat besi sehingga berkhasiat dapat menambah darah dan mengobati anemia.

5. Meningkatkan kemampuan otak
Berdasarkan penelitian bahwa kalium yang terkandung dalam petai dapat meningkatkan kemampuan otak.

6. Mengatasi kecapekan
Petai mengandung gula dan mineral-mineral yang dapat membantu mengatasi rasa lelah.

7. Menenangkan saraf
Fungsi petai ini sejalan dengan dengan fungsi petai dapat meningkatkan mood, hal ini dikarenakan dalam petai tinggi mengandung vit B yang dapat menenangkan sistem saraf.

8. Meredakan Depresi
Kalium yang terkandung dalam buah petai merupakan elektrolit penting bagi kesehatan, berfungsi untuk menetralkan detak jantung dan menyuplai oksigen ke otak dan menyeimbangkan kadar air dalam tubuh. Kadar kalium yang tinggi inilah membantu sistem metabolism dan mengatasi depresi.

9. Menambah nafsu makan
Pasti diantara kita menyadari bahwa ketika kita makan petai maka selera makan kita akan bertambah, kita akan cenderung tambah dan tambah. :D

10. Mengobati masalah tekanan darah
Dalam buah petai ini mengandung kalium dan rendah garam buah ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi, sehingga dapat mengurangi resiko darah tinggi dan stroke.

11. Maag
Petai dapat dikonsumsi oleh penderita gangguan lambung karena petai mempunyai sifat lembut. Buah ini mampu menetralkan kelebihan asam dalam lambung.

12. Menyehatkan paru-paru
Vit B6, B12, kalium dan magnesium yang terdapat dalam petai akan membantu menyehatkan paru-paru dan memulihkan efek buruk dari zat berbahaya seperti nikot*n, dan mungkin akibat asap polusi.

13. Awet Muda
Dalam petai sangat tinggi kandungan proteinnya yang bermanfaat dalam regenerasi sel kulit dan apat membantu agar awet muda.

14. Mengobati Cacingan
Petai efektif mengatasi cacingan hal ini dimungkinkan karena dalam petai memiliki kandungan belerang dan tannin.


Demikian sedikit uraian singkat tentang manfaat petai, semoga bisa memberikan manfaat. Jangan lupa untuk di SHARE ke sodara, kerabat, maupun teman anda. Terutama bagi orang yang tidak suka petai, sehingga kita bisa menyukai buah ini bersama-sama. :D
Sumber Gambar: www.carakhasiatmanfaat.com 

adalah seorang yang bekerja sebagai karyawan swasta, senang menulis, membaca, jalan-jalan, dan sedikit senang dalam bereksperiman masakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar yang relefan, tidak spamming dan berkomentarlah secara cerdas.

Copyright © 2015 Siaga8.com : Informasi yang menarik untuk dibagi